Tips Anti Kecewa Print Box Packaging

Share

Sering terjadi masalah ketika melakukan cetak box packaging. Desain sudah ada dan bahan sudah tepat namun ketika di cetak tidak sesuai dengan keinginan. Permasalahan ini dapat berasal dari tempat percetakan atau dari konsumen itu sendiri. Bisa jadi tempat percetakan packaging memiliki kualitas yang jelek atau karena konsumen kurang persiapan. Maka dari itu diperlukan langkah-langkah pencegahan. Agar hasil percetakan packaging tidak melenceng dari yang diinginkan.

Tips menyiapkan print box packaging

Agar tidak kecewa dengan hasil cetak box packaging maka diperlukan langkah – langkah antisipasi. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  1. Periksa resolusi

Memeriksa resolusi merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan. Pastikan sejak awal Anda mendesain box packaging menggunakan resolusi yang cukup. Karena jika desain menggunakan resolusi yang rendah, maka hasil cetaknya tidak akan terlihat jelas.

  1. Mengubah font

Font yang digunakan dalam tulisan pada desain box packaging harus diubah formatnya. Format yang harus digunakan untuk font yaitu bitmap, path atau vector. Karena jenis font yang miliki setiap computer dapat berbeda. Sehingga terkadang font yang Anda gunakan tidak ada pada computer percetakan. Maka dari itu format tadi berfungsi mencegah font berubah ketika akan dicetak.

  1. Berikan area aman

Area aman yaitu batas dimana layout desain dibuat. Sehingga ketika dicetak posisinya sesuai dengan bentuk yang dinginkan.

  1. Berikan area potong

Pemberian area potong juga agar mengetahui bagian mana yang perlu didesain. Selain itu memudahkan petugas percetakan untuk mengetahui bagian yang akan dipotong. Sehingga tidak terjadi kesalahan.

  1. Ukuran

Pastikan ukuran dalam desain Anda sesuai dengan ukuran ketika box packaging sudah jadi.

  1. Penggunaan tinta

Jika print box packaging Anda menggunakn tinta berwarna maka jangan lupa untuk mengubah format nya dari RGB menjadi CYMK. Agar sesuai dengan format percetakan. Kemudian jika Anda menggunakan tinta hitam perhatikan juga rumus CYMK-nya.

  1. Berikan nama file yang sesuai

Terkadang kita membuat banyak desain kemudian tidak ingat desain mana yang akan dicetak. Hal ini dapat disebabkan karena kita tidak memberikan nama file yang sesuai. Berikanlah nama file yang sesuai dan rapi. Sehingga memudahkan Anda untuk menemukan file yang tepat.

Cegah sebelum salah cetak

Berikut tadi penjelasan mengenai tips menyiapkan print box packaging. Lebih baik memperhatikan langkah pencegahan sebelum Anda salah cetak. Semoga berhasil !

1 Comment

Leave A Reply