Kelebihan Dan Kekurangan Print Tekstil

Share

Printing kain meteran atau tekstil merupakan suatu inovasi baru dalam fashion yakni untuk percetakan pola di atas kain. Jika dulunya anda hanya mengetahui printer atau alat cetak digital hanya mampu mencetak di atas kertas ukuran tertentu, namun semakin canggihnya teknologi kini printer digital tidak hanya mampu mencetak kertas yan berukuran besar namun juga mampu diaplikasikan dengan bahan tekstil. Teknik percetakan pola di atas kain dengan menggunakan teknik yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangan. Untuk lebih jelasnya marilah simak penjelasan berikut.

  • Kelebihan Digital Printing

Penggunaan jasa print kain lebih populer daripada jasa cetak motif di kain lainnya. Hal ini bukanlah tanpa sebab, kepopuleran teknik cetak kain menggunakan print kain dikarenakan sangat banyak keunggulan. Diantaranya yaitu mampu menghasilkan hasil cetakan yang lebih rapi dan lebih simetris, mampu mencetak kain hingga bermeter-meter setiap harinya dengan motif yang berbeda-beda. Selain itu harganya juga sangat terjangkau dan anda dapat membawa motif sendiri yang sesuai dengan keinginan, anda juga dapat mencetak motif langka yang tidak dapat diaplikasikan dengan teknik percetakan kain lainnya.

  • Kekurangan Digital Printing

Meski teknik digital printing ini memiliki sangat banyak keunggulan, namun bukan berarti teknik kain printing tidak memiliki kekurangan apapun. Teknik percetakan kain yang satu ini ternyata juga memiliki kekurangan yakni tidak semua jenis kain dapat dilakukan digital printing. Sebenarnya bukan tidak bisa, hanya saja beberapa jenis kain tertentu akan menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas rendah dan hasil cetakannya tidak dapat bertahan lama. Terkait dengan kekurangannya ini sebaiknya bagi anda yang hendak melakukan digital printing terlebih dahulu anda wajib memilih jenis kain yang tepat seperti katun karena memang memiliki kualitas yang stabil, kuat dan membuat hasil cetakan bertahan lama. Selain itu jenis mesin yang digunakan dan jenis tinta juga harus anda periksa karena kedua hal ini juga sangat mempengaruhi hasil cetakan.

Digital printing atau teknik mencetak pola di atas kain dengan menggunakan komputer dan printer ini merupakan terobosan terbaru di bidang fashion yang akan memudahkan para para pembatik atau para jasa percetakan kain dalam mengaplikasikan dan mengembangkan berbagai inovasi baru. Berbagai ukiran-ukiran memukau, dan motif-motif yang sulit diaplikasikan dengan tangan menjadi jauh lebih mudah diaplikasikan di atas kain hanya dengan menggunakan teknik digital printing kain. Pekerjaan mencetak motif di atas kainpun menjadi lebih cepat dan lebih rapi. Dengan adanya jasa percetakan kain secara digital, motif-motif yang dihasilkan diatas kain menjadi lebih memukau dengan desain simetris dan pastinya dengan waktu cetak yang lebih cepat dan dalam jumlah banyak sekaligus.

Leave A Reply