Mengenal PJU-TS

Share

lampu pjuPJU-TS mulai banyak dikenal oleh masyarakat saat ini. Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya ini hadir sebagai salah satu solusi akan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan penerangan. Lampu PJU tenaga surya dipilih karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, salah satunya adalah lebih hemat karena menggunakan energi yang gratis dan jumlahnya tak terbatas, yakni cahaya matahari.

Lampu Jalan Tenaga Surya

Jenis lampu penerangan jalan ini menggunakan panel untuk menangkap sinar matahari yang kemudian  melewati  proses photovoltaic sehingga dapat diubah menjadi energi listrik yang digunakan oleh lampu tersebut. Biasanya panel ini dapat digunakan hingga kurun waktu 25 tahun asal dilakukan perawatan dengan baik. Perawatannya pun cukup mudah karena paket pju tenaga surya biasanya sudah otomatis. Lampu pju itu akan mulai menyala waktu sore, dan bisa padam sendiri jika sudah pagi. Efisien sekali bukan penggunaan lampu ini? Tak heran banyak yang kemudian memilih penerangan ini sebagai alternatif.

Instalasi Yang Digunakan

Biasanya lampu jalan tenaga surya menggunakan lampu LED yang jenisnya hi-power. Jenis ini memiliki sinar yang cukup terang, tahan lama tapi energi yang diperlukan bisa dibilang hemat. Untuk masa pemakaiannya, lampu LED hi-power bisa bertahan sampai 50.000 jam menggunakan sumber daya DC. Dengan daya tahan yang cukup baik ini, maka biaya operasional yang harus dikeluarkan pun dapat ditekan karena interval dan frekuensi yang dibutuhkan untuk penggantian lampu cukup lama. Untuk baterai pun tidak perlu dipikirkan perawatannya karena menggunakan jenis VRLA yang maintenance free. Maka dengan instalasi perangkat ini, tidak perlu lagi tergantung dengan sumber energi lain dan lebih hemat dan mudah diaplikasikan. Salah satu keunggulan lain yang dimiliki PJU-TS adalah tidak dibutuhkan kabel untuk antar lampu sehingga dapat meminimalisir gangguan yang dapat menyebabkan mati total atau black out.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, tak heran kemudian jika banyak yang beralih ke jenis penerangan ini. Padahal awalnya, penerangan ini lebih ditujukan kepada mereka yang berada di daerah terpencil, yang mungkin mengalami krisis listrik karena penggunaannya yang lebih hemat dan mudah. Namun, manusia selalu menginginkan kemudahan di setiap hidupnya bukan?!

Leave A Reply