Jenis Genteng Ringan terbuat dari Metal

Share

Pembuatan atap tertentu membutuhkan genteng yang dapat melindungi bagian dalam rumah sekaligus mempercantik tampilan rumah Anda. Genteng metal yang termasuk salah satu genteng ringan, memiliki popularitas yang semakin tinggi. Genteng baja ringan atau genteng metal ini terdapat banyak jenis, apa saja?

Genteng Metal Galvalume Steel

Bahan utama genteng ini adalah karbon/baja besi yang berlapis dengan aluminium dan seng. Bentuknya lembaran serupa seng dan ditanam pada balok gording rangka atap atau memakai skrup. Penggunaan genteng jenis ini kebanyakan pada atap rumah di luar negeri. Material genteng yang cenderung ringan dan lentur. Selain daya tahan akan korosi, genteng ini juga memiliki tampilan metalik serta tersedia beragam varian warna. Harga yang ditawarkan juga relatif murah per lembarnya jika dibandingkan dengan genteng metal lainnya.

Genteng Metal Tembaga

Genteng metal yang terbuat dari tembaga ini termasuk salah satu genteng yang memiliki harga paling tinggi dibanding varian genteng lainnya. Genteng ini tidak banyak digunakan pada bagian atap rumah, biasanya hanya diterapkan pada aksen penghias di atap jendela. Jenis genteng metal tembaga kebanyakan digunakan pada bangunan bersejarah, kubah dan gereja. Daya tahan genteng ringan ini terbilang cukup lama yakni lebih dari 100 tahun.

Genteng Metal Spandek

Genteng metal spandek sering digunakan sebagai bagian penutup atap pada mall, ruko minimalis serta pabrik dan gudang. Terbuat dari bahan seng yang berpadu dengan aluminium. Ada juga beberapa produsen yang menambahkan bahan silikon sebagai bahan yang membuat atap lebih lentur.

Genteng Metal Berpasir

Genteng metal berpasir berbahan dasar zincalume, zinc phospat serta campuran coraltex. Tersedia dalam berbagai varian ukuran mulai dari ketebalan 0,20 sampai 0,40 mm. Genteng ini bersifat anti pecah, tahan terhadap benturan dan goresan serta dilapisi coraltex yang mampu meredam hawa panas. Warna dari genteng ini di cat dengan teknologi baru di mana tidak akan terjadi perubahan dan pengelupasan warna dalam jangka waktu lama.

Material genteng ringan yang manakah menjadi favorit Anda? Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menerapkan atap.

Leave A Reply